Pages

August 1, 2013

Wawancara dengan Pemenang “Kejuaraan Forex Asia”



Awal minggu ini ForexCup telah mengumumkan HasilKejuaraan Forex Asia. Kontes Forex regional terbesar ini diadakan dari 27 Mei sampai 19 Juli, dan mencapai total lebih dari 1600 peserta.

Sang pemenang, trader dari Indonesia Ariful Miftakhuddin, dianugerahi gelar "Trader Terbaik Asia" dan akun PAMM ECN senilai $3000. Ariful Miftakhuddin benar-benar mengagumkan kemampuan tradingnya dan hasilnya yang luar biasa! Pemenang menghasilkan profit lebih dari 2000%, meninggalkan para pesaingnya di belakang. Ini benar-benar kemenangan mutlak.

Kami beruntung dapat mewawancarai trader tersukses di Market Forex Asia ini dan menanyakan beberapa pertanyaan tentang kejuaraan, strategi tradingnya dan rencananya kedepan.

1.         Bisakah anda menceritakan sedikit tentang diri anda?
Saya berumur 25 tahun, lajang. Saya tinggal di Indonesia. Hobi saya bermusik dan mengamati burung.

2.         Bisakah anda tolong menjabarkan ""cara anda di Forex": bagaimana dan kapan anda mulai, bagaimana anda terus melaju, bagaimana anda menghasilkan trade yang menguntungkan, dll?
Saya belajar trading Forex sekitar tiga tahun lalu. Sebenarnya saya belajar dengan bergabung di satu forum khusus.

3.         Apakah anda trading menggunakan uang riil? Apakah anda sukses melakukannya?
Iya, saya trading di akun riil. Secara umum cukup memuaskan untuk saya, ketika profitnya lebih besar daripada lost nya.

4.         Apa arti trading untuk anda: sumber penghasilan utama atau sekedar pengisi waktu luang yang menghasilkan uang?
Trading adalah sumber penghasilan utama saya. Saya menganggapnya pekerjaan.

5.         Bagaimana anda mengetahui tentang kontes ForexCup? Apakah anda pernah juga ikut kontes yang diadakan broker lain?
Pertama kali saya mendengar tentang kontes ForexCup dari forum yang biasa saya saya baca. Jadi, saya putuskan untuk mencoba - dan sekarang saya jadi sangat menyukainya. Saya belum pernah berpartisipasi di kompetisi yang diadakan broker lain.

6.         Apa kelebihan dan kekurangan dari kompetisi ForexCup?
Bagi saya, kelebihan utama dari kompetisi ForexCup adalah partisipasi gratis di kebanyakan kontesnya. Saya sangat mengaguminya karena anda tidak akan kehilangan apa-apa bahkan pada saat anda tidak berhasil. Saya pikir tidak ada kekurangannya, proyek ini sangat berkualitas.

7.         Mari membahas tentang Kejuaraan yang anda menangkan ini – ini adalah salah satu acara terbesar ForexCup, bagaimana anda berani untuk berpartisipasi?
Sebenarnya, ketika saya melihat pengumumannya, saya memutuskan untuk mencoba. Saya pikir waktu itu "kenapa engga?" dan akhirnya saya bergabung dengan kejuaraan ini.

8.         Kita ketahui bahwa sebelum kontes ini anda sudah pernah berpartisipasi di 16 kontes lainnya – apa yang mennyemangati anda untuk terus mencoba lagi dan lagi?
Tujuan utama saya dalam berpartisipasi di setiap kontes adalah untuk mengembangkan kemampuan trading saya.

9.         Apakah anda tidak takut akan kemampuan tingkat tinggi para trader-trader lain di kontes? Apakah anda mengikuti hasil para kompetitor?
Saya tidak takut – kalau sudah bergabung, saya hanya ingin melakukan trading terbaik yang saya mampu. Dan saya tidak memperhatikan hasil partisipan lain – saya benar-benar total berkonsentrasi pada tugas saya sendiri.

10.       Bagaimana anda membuat keputusan trading? Apakah anda memikirkan segala sesuatu atau anda kadang-kadang mengambil resiko?
Kebanyakan saya berhati-hati menganalisa situasi, namun kadang saya juga mengambil keputusan yang beresiko.

11.       Apakah anda mengharapkan bisa menang atau anda sadari bahwa anda akan menang?
Saya akui bahwa saya tidak pernah berharap bisa menang. Jadi, ini benar-benar kejutan buat saya.

12.       Berdasarkan statistik kontes, anda trading banyak sekali – dan kebanyakan anda trading di pasangan mata uang GBPJPY atau pasangan GBP lainnya – apakah itu adalah instrumen trading favorit anda? Mengapa anda memilih itu? Pasangan mata uang lain apa yang juga anda suka untuk trading?
Anda memang benar, kebanyakan saya trade di pasangan mata uang GBPJPY – karena itu merupakan favorit saya. Saya juga sering trade EURJPY dan USDJPY, karena instrumen tersebut memiliki pergerakan yang menarik.

13.       Juga, nampaknya anda kalah dalam beberapa trade – jadi, apakah perlu waktu lama bagi anda untuk menjalankan strategi yang menguntungkan? Strategi anda berdasarkan apa?
Saya menciptakan strategi sendiri selama saya belajar Forex. Ketika menyiapkan itu, saya sudah mencoba menggunakan beberapa indikator yang bermacam-macam, namun akhirnya, saya memilih Ichimoku.

14.       Bagaimana perasaan anda bahwa kemenangan anda terbukti di akhir kontes?
Saya sangat sangat senang akan kemenangan ini!

15.       Anda mendapatkan akun PAMM ECN dengan jumlah uang yang lumayan banyak sebagai hadiah – apakah anda tertarik untuk memulai karir sebagai manajer PAMM atau anda lebih suka hadiah uang tunai?
Saya menikmati punya akun PAMM ECN – Saya selalu memimpikan hal ini. Tetapi kalau anda memberikan saya hadiah uang, saya tidak akan menolak *senyum*.

16.       Bagaimana rencana anda dalam mengelola akun PAMM ECN anda?
Saya ingin mengembangkan ini, untuk menarik minat para investor dan mengelolanya dalam jangka panjang - dan tentu saja menghasilkan keuntungan.

17.       Apakah anda berminat untuk berpartisipasi kembali dalam kontes forex, setelah dianugerahi gelar yang luar biasa?
Kontes Forex itu hobi saya, jadi, anda akan terus melihat saya lagi dan lagi dalam kompetisi ForexCup.

18.       Bisakah anda memberikan sedikit tips nasihat bagi para pemula dan bagi mereka yang berencana untuk berpartisipasi dalam kontes ForexCup? Nasihat utama saya adalah “Jangan menyerah!”. Anda harus coba lagi dan lagi sampai sukses. Dan jangan lupa juga untuk meningkatkan kemampuan anda dengan cara belajar teori dan praktek.

Tim ForexCup sangat setuju dengan sang pemenang: jangan pernah berhenti dalam perjalanan menuju mimpi anda. Ambil setiap kesempatan untuk mengembangkan kemampuan anda – dan sukses akan menghampiri anda. Lakukan apapun sebisa nya – dan anda akan mendapatkan penghargaan!