June 26, 2008

Profit.... sikaaaattttt......

Sering saya chat dengan beberapa teman, membahas mengenai teknik trading. Setelah belajar sekian waktu, ada banyak pendapat mengenai tipe atau model trading individu. Sedikit di sini saya sharing model-model itu, 2 (dua) model saja kalaupun ini bisa disebut model,,qqqq. Pertama ada trader menganut sistem lot besar point / pip kecil dan lot kecil target poin besar.
Okay, kita bahas yang pertama yaitu menggunakan lot / margin besar misalkan sekian lot / puluhan lot dengan harapan bahwa poin kecil sudah menghasilkan profit yang gedhe / besar. Di sini kalau trading setiap hari, maka harus benar-benar mencari saat yang paling tepat untuk Entry Order. Diperlukan suatu kedisiplinan yang tinggi, tidak tergesa-gesa dan analisa yang pas. Trader ini bisa hanya mengambil beberapa point (misal 5, 10, dst), dengan harapan faktor perkalian lot yang besar dan konsisten akan menghasilkan lebih banyak. Kunci dari model ini adalah kemampuan analisa yang mendalam dan konsisten.
Selanjutnya yang kedua adalah lot kecil dan target point besar. Karena dengan lot kecil untuk bisa menghasilkan banyak profit maka sudah pasti harus dengan target point yang besar pula. Katakan 30, 50, 100 dan seterusnya. Model inipun juga harus memperhatikan jam trading untuk masuk market dengan tepat. Sehingga bisa cepat terfloating profit dan terus menerus. Dan dari kedua model tersebut sudah selayaknya memperhatikan faktor stop loss. Bisa dengan manual ataupun fixed stop loss. Saya sendiri menganut manual stop loss.
Nah, itu hanya catatan dari saya selama ini, just catatan saja. Salam trading..... dan jangan lupa kalau sudah Profit....sikatttt..................